Kerajinan Bunga Kering

2.6.12

Dusun Ngabean - Sentra Kerajinan Bunga Kering


Bunga Kering
Kami dilatih membuat bunga mawar dari kulit buah jagung (klobot) dan beberapa jenis bunga kering lainnya dari aneka bahan natural. Selama tiga hari mengikuti pelatihan, kami merasa sanggup memulai produksi. Pada produksi pertama, semua bahan disediakan pak Prapto, sehingga kami harus menjual kepadanya lagi. Saat mengantar bunga kering ke pembeli, saya dan teman saya diikuti seseorang yang menawarkan untuk membeli dengan harga yang lebih mahal, sehingga pada produksi kedua kami berusaha mencari bahan sendiri. 

Tahap Produksi
Bunga Kering Lengkap



Untuk membuat bunga kering, para perajin  menggunakan bahan : daun lontar,klobot, sabut kelapa, biji-bijian (nyamplung, biji karet, buah pinus, blulo, jangkang dan kopeng siwalan), bambu, pelepah pisang, kertas semen, lidi, maringgah, sembung, pasir putih, tali agel dan lem. Hanya daun lontar yang didatangkan secara bersama oleh para perajin dari Tuban Jawa Timur dan Rembang Jawa Tengah. Harga daun lontar satu papahan Rp. 7.000. Bahan lainnya tersedia di wilayah pengrajin. Sedangkan lidi hiasan berasal dari aren yang telah celup dalam larutan berwarna hitam, kemudia dibalut kulit ari pohon waru.

Untuk membentuk daun lontar dan klobot menyerupai bentuk bunga, umumnya para perajin mengguna kan gunting dan alat solder listrik. Seorang perajin membutuhkan 5 sampai 15 alat solder listrik, tergantung jumlah tenaga kerja yang ada. Alat pelubang, umumnya digunakan bor tembak atau bor dinamo. 

Harga jual bunga kering dari ibu Sudibyo cukup murah. Mawar ( 1 sampai 3 tangkai ) Rp. 1.000, anggrek nyamplung Rp. 1.000, tulip Rp. 1.000, nanas klobot Rp. 2.000, nanas lontar Rp. 1.500, bunga biji-bijian Rp. 800, anggur Rp. 800, dan buah naga Rp. 1.500. Dari bunga kering saja, bu Sudibiyo dapat meraih omzet penjualan Rp. 10 juta dalam sebulan, dengan tingkat keuntungan 25 %. Dari lidi hiasan yang dipatok ongkos buat Rp. 100 per lonjor, ia mengambil Rp. 20 dan sisanya untuk tenaga kerjanya. Sedangkan souvenir pensil hiasan yang dijual Rp. 650 per batang pensil, saya mengambil keuntungan Rp. 200. Dengan demikian hasil bersih dalam sebulan dapat mencapai Rp. 3,5 – 4 juta. (Sumber Bantulbiz)


Informasi Pelatihan Kerajinan Enceng Kondok :

  1. Lama Pelatihan 3 hari
  2. Fasilitas :
  • Bahan baku & Bahan Pendukung
  • Peralatan kerja
  • Konsumsi Selama Pelatihan
  • Penginapan selama pelatihan
  • Modul
  • Sertifikat pelatihan 
 

Pengunjung

CONVERTER

Our Partners

© 2010 National Resources Development Centre ( NIRED )Yogyakarta All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info